Beranda · Profil · Teknologi · Bisnis Online Peluang Bisnis

ELECTRONIC – COMMERCE (e-COMMERCE)


Secara sederhana e-Commerce didefinisikan sebagai pemanfaatan teknologi internet dalam perdagangan. Dengan demikian e-Commerce berkembang karena dipicu oleh perkembangan pesat dalam bidang elektronika, khususnya di bidang informasi dan komunikasi elektronik.

Pada dasarnya ada tiga bidang fundamental yang membentuk e-Commerce,yaitu:Electronic Markets (EM), Electronic Data Interchange (EDI), dan Internet Commerce (IM).
EM, oleh dimaksudkan sebagai teknologi informasi dan komunikasi dalam menyajikan berbagai barang dan jasa dalam suatu segmen pasar, sehingga harganya dapat dibandingkan satu dengan lainnya oleh calon pembeli, yang harus melakukan keputusan transaksi. Contoh sederhana dari suatu e-Markets (EM) adalah sistem pemesanan karcis penerbangan (ticket booking).
EDI, oleh  dimaksudkan sebagai penyedia sistem yang distandardisasi untuk suatu transaksi jual-beli yang diberi kodifikasi, sehingga data tersebut dapat dikomunikasikan, antara satu komputer dengan komputer lainnya, tanpa membutuhkan pesanan tertulis, yang sering menyebabkan keterlambatan dan kesalahan dalam pengurusan surat-menyurat. Contoh di mana EDI banyak dimanfaatkan adalah dalam sektor pasar swalayan (supermarket) untuk bertransaksi dengan para pemasok barang.
IC dimaksudkan oleh  sebagai teknologi informasi dan komunikasi yang dapat dimanfaatkan untuk periklanan dan penjualan suatu barang atau jasa. IC ini misalnya dapat digunakan untuk membeli buku-buku yang pengirimannya dilakukan lewat pos.
Sumber:
Jurnal Asosiasi politeknik Indonesia

Customer Loyalty in E-Commerce
Biaya yang tinggi dalam menarik pengunjung dan menciptakan pelanggan baru pada situs perdagangan o-line via internet menjadi perhatian yang cukup serius bagi para vendor-vendor ecommerce. Terutama dalam meningkatkan kesetiaan dari pelanggan yang sudah ada, sebab pelanggan yang setia lebih meningkatkan pendapatan dari vendor-vendor on-line ini.
Mengacu pada pembelian online di Amazon.com, dimensi kualitas pelayanan dicontohkan
sebagai berikut :
(1) Tangibles
Tampilannya rapi dan tersusun baik, ada catalog, mudah digunakan dan mudah dipahami.
(2) Reliability
Produk dikirim tepat waktu dan sesuai dengan pesanan.
(3) Responsiveness
Tersedia panduan yang membantu saat terjadi error dan memberitahukan pelanggan jika
pengiriman produk berlangsung sukses atau ada masalah.
(4) Assurance
Adanya layanan untuk mendampingi pelanggan dalam memasuki suatu proses dan juga adanya layanan tambahan seperti rekomendasi dari vendor.
(5) Empathy
Adanya personalized service, seperti personalized content, sambutan secara personal, dan email pribadi.
Kesimpulan:
Sama seperti perusahaan komersil non-online, kesetiaan pelanggan dapat didapat melalui
kepercayaan dan kualitas pelayan yang memuaskan. Walaupun didalam perusahaan online, faktor
interaksi dengan manusianya tidak ada, namun hal ini tidak dapat menjadi halangan untuk
membuat pelanggannya kembali lagi.
Sumber:
Journal of the Association for Information Systems
David Gefen.

ELECTRONIC COMMERCE: TANTANGAN KOMPETENSI AKUNTAN DALAM MENGHADAPI ISU INTERNAL KONTROL.
Kemunculan internet dan world wide web sebagai dasar berkembangnya perdagangan elektronik atau electronic commerce telah menimbulkan permasalahan yang cukup pelik bagi seorang akuntan dalam menjalankan penugasannya.

Dalam lingkungan perdagangan yang sudah memanfaatkan jaringan komputer, baik dalam kapasitasnya sebagai intranet, extranet, maupun internet, sistem pengendalian internal menjadi semakin rumit. Beberapa isu seperti keamanan dan keaslian transaksi yang dulunya nampak sederhana dalam lingkungan yang tidak berbasis komputer, sekarang menjadi sangat kompleks.

Dalam electronic commerce, isu-isu tersebut dikenal dengan istilah confidentiality, integrity, authenticity, non-repudiation dan sebagainya. Kekompleksan ini dikarenakan hal-hal tersebut tidak bisa lagi dilihat hanya dari disiplin akuntansi atau bisnis semata, tetapi juga mengarah dan melibatkan pemahaman permasalah teknis yang menginjak disiplin ilmu di luar akuntansi.

Hal ini tidak jarang menimbulkan kegagapan akuntan dalam menghadapi masalah-masalah pengendalian internal dalam lingkungan sistem akuntansi berbasis komputer, apalagi jika bisnis telah memanfaatkan jaringan komputer dalam melakukan aktifitas utama dan aktifitas pendukung administratif akuntansinya.

Artikel ini akan membahas materi-materi yang terkait dengan isu-isu baru diseputar pengendalian internal, implikasi e-commerce terhadap pengendalian internal dan peluang yang dimiliki oleh akuntan.
Sumber:
Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Puslit Petra University

ANALISIS FAKTOR KECANGGIHAN TEKNOLOGI, KEAMANAN, RAHASIA, KELENGKAPAN SISTEM, SUMBER DAYA MANUSIA, INVESTASI, DAN KINERJA ANTAR LEVEL ORGANISASI DI DALAM PERUSAHAAN YANG MEMANFAATKAN E- COMMERCE
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan guna memanfaatkan e-commerce diantaranya adalah kecanggihan teknologi, jaminan keamanan transaksi, kerahasiaan informasi, kelengkapan sistem, sumber daya manusia dan investasi serta kinerja antar level organisasi, yang dapat diambil simpulan sebagai berikut:
1. Variabel kecanggihan teknologi, jaminan keamanan transaksi, kerahasiaan informasi, kelengkapan sistem, sumber daya manusia dan investasi serta kinerja antar level organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemanfaatan e-commerce.

2. Secara parsial kecanggihan teknologi, jaminan keamanan transaksi, kelengkapan sistem, sumber daya manusia dan investasi serta kinerja antar level organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemanfaatan e-commerce. Sedangkan variabel kerahasiaan informasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemanfaatan e-commerce.

3. Variabel investasi menempati urutan pertama bagi perusahaan dalam menentukan pemanfaatan e-commerce dibandingkan dengan faktor-faktor yang lainnya.

4. Masing-masing variabel bebas memiliki hubungan sebab akibat yang erat diantara variabel itu sendiri. Saran Dari hasil penelitian yang sarikan di dalam simpulan di atas, maka dapat dikemukakan saran-saran serbagai berikut : 1. Bagi perusahaan pengguna e-commerce. sebaiknya manajer pemasaran lebih cermat menganalisis faktor yang mempengaruhi pemanfaatan e-commerce di dalam merumuskan strategi pemasarannya agar dapat mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan. Adapun saran bagi perusahaan pengguna e-commerce adalah sebagai berikut :
A. Komitmen untuk selalu melayani permintaan pelanggan.

B. Selalu mengadakan perbaikan atau pembaharuan di bidang kecanggihan teknologi atau perkembangan teknologi terkini.

C. Kelengkapan sistem akan membawa dampak beralihnya konsumen ke situs yang lain dengan cepat, sehingga perusahaan akan kehilangan kesempatan yang berharga, maka kelengkapan sistem perlu diantisipasi setiap periode yang sesingkat mungkin.

D. Kinerja antar level organisasi di dalam perusahaan sangat perlu disesuaikan dengan kemampuan yang ada, sehingga pelanggan tidak merasa dikecewakan.

E. Jaminan keamanan dari suatu sistem tetap dipertahankan keberadaannya sehingga pelanggan yang akan melakukan transaksi secara jelas dan langsung percaya akan adanya jaminan keamanan selama informasi itu dikirim sampai dengan diterima oleh perusahaan.

F. Sumber daya manusia yang ada di dalam upaya mendukung pemanfaatan e-commerce selalu diberikan kesempatan untuk mengembangkan sistem yang terbaru dari seluruh sistem yang ada saat ini.

G. Kerahasiaan (confidentiality) data transaksi harus dapat disampaikan secara rahasia, sehingga tidak dapat ?dibaca? oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan merupakan tinjauan akhir disebabkan kerahasiaan selalu ada di dalam satu paket sistem.

1. Bagi perusahaan yang belum memanfaatkan e-commerce, menggunakan media online untuk berkomunikasi, berbicara dan bersilaturahmi akan mempercepat proses kenal mengenali satu sama lain. Media mailing list di Internet adalah contoh sederhana penggunaan Internet untuk bersilaturahmi. Saling kenal kemudian akan membentuk rasa percaya antar pelaku-nya, sedang transaksi lainnya menggunakan metoda yang biasa digunakan di dagang offline, misalnya transfer uang-nya ke teler di Bank, pakai ATM BCA untuk debet ke rekening langsung dan lain-lain. Metoda hybrid ini adalah cara yang paling mudah dan lebih sering digunakan saat ini.

2. Bagi perusahaan yang telah maupun yang belum memanfaatkan strategi marketingnya melalui e-commerce, maka berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh skala prioritas indentifikasi faktor untuk menyusun strategi marketing dengan urutan sebagai berikut Investasi, Kecanggihan teknologi, Kelengkapan sistem, Kinerja antar level organisasi, Jaminan keamanan, Sumber daya manusia, Kerahasiaan informasi.

3. Bagi konsumen pengguna e-commerce dimohon untuk mencermati bagian atau tingkat keamanan dan jaminan pelayanan distribusi dari perusahaan yang ternama, misalnya pemanfaatan SET dari Visa/MasterCard.
Sumber:
Jurnal bisnis dan manajemen
Universitas Sebelas Maret

Sekian artikel mengenai Electronic - Commerce ( e-Commerce), semoga bermanfaat.

Artikel keren lainnya:

Peluang Bisnis My Big Mall


My BigMall adalah bisnis e-commerce pertama di Indonesia dengan konsep mall online. Dengan mengusung konsep mall online, maka MyBig Mall menyediakan berbagai macam barang komersial dan banyak item, dan tentu saja dengan harga yang mampu bersaing dengan bisnis e-commerce lainnya. Seperti halnya mall pada umumnya, dimana dalam mall banyak outlet-outlet dengan berbagai merk produk, maka MyBig Mall juga menyediakan berbagai outlet dan merek-merek barang, mulai dari barang elektronik, fashion, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Konsep shopping mall yang kami terapkan di MyBig Mall merupakan bentuk bisnis market place C2C dan B2B, yaitu pelaku bisnis ini bukan hanya sebagai pembeli,tetapi juga bias menjadi penjual di MyBig Mall. Pihak yang bias masuk menjadi penjual membutuhkan proses verifikasi dan syarat ketentuan yang berlaku.

Yang paling menarik di MyBig Mall adalah sistem dealership. MyBig Mall merupakan bisnis e-commerce pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mempunyai sistem dealership, dimana customer dapat membuka keagenan diseluruh Indonesia dengan limit tanpabatas, dan tidak ada expired time member. Konsep bisnis e-commerce yang diterapkan di MyBig Mall merupakan konsep pertama dan satu-satunya di indonesia. Dimana mitra MyBig Mall Bukan hanya sebagai konsumen, tetapi juga bias menjadi penjual. Diantara semua kelebihan yang kami punya, namun yang paling kami andalkan adalah sistem dealership. MyBig Mall merupakan bisnis e-commerce pertama dengan sistem dealership. Dengan sistem dealership ini anda bias memperlus mall online anda dengan membuka keagenan diseluruh Indonesia tanpa batas. Selain itu anda juga berhak mendapatkan komisi dari setiap penjualan mitra anda.

Berikut beberapa point keuntungan yang biasa anda dapatkan:

•One Deposit For All Produk
•Unlimited keagenan ( dapat membuka keagenan dimana saja )
•Memberikan “ Happy Shopping Day” atau Hari Belanja Diskon
•Bisnis E-Commerce pertama dansatu-satunya yang mempunyai sistem dealership
•Dapat massive income dari belanja dan keagenan anda
Unlimited ID (bisa reload berapa dan kapan pun)
•Harga miring dan stok bergaransi
•Mendapatkan akses produk importer
•Mendapatkan Website Autopilot (Free)

Jika berminat ingin memiliki bisnis MyBigMall bisa daftar langsung

Artikel keren lainnya:

Seminar Nasional The One Entrepreneur di 2 Kota Terbesar di Indonesia.

Oil Trading Hasilkan 1 Millyard pertama dgn system Dealership.
Bisnis yang punya nilai tambah dan faktor kali dan repeard order dahsyat kebutuhan pokok,
perkenalkan pertama dan satu satunya di Indonesia.

Buy simpan dan jual oil cara orang kaya dunia bekerja,
beli harga oil dgn diskon 78 % ?

Mau tahu caranya? Penasaran?
Ikuti seminarnya 2 BISNIS 1 MODAL.
Des Chandra Kusuma - Direktur Pemasaran THE One Entrepreneur. Corp.      

1. Jakarta            
Waktu :Minggu,15 Mei 2016 pkl 13:00 Wib s/d selesai
Tempat:  Di Apartemen Mediterania Ruko Blok TUE No.8 Gajah Mada.            

2. Bandung
Waktu: Sabtu,14 Mei 2016. Pukul 13.00 Wib s/d  selesai
Tempat:  V-Hotel jln.Terusan Setrawangi Raya (Belakang Setrasari Mall)

Pendaftaran hanya 100rb
Untuk 10 org pertama!!!

Cara daftar :
1. Ketik : Nama // Tempat Seminar
SEGERA transfer ke REK BCA 5005137028 a/n WEMPY
2. Konfirmasi
Ketik : Nama // No Tlp/Bukti Transfer
Kirim ke : 0812-2047-4922
WA:0812-2047-4922

Salam Dahsyat Luar Biasa
THE One Entrepreneur. Cor

Artikel keren lainnya:

Oil Trading, Trik Menghasilkan Uang Berlimpah

Indonesia kaya akan sumber daya alam. Salah satunya, minyak bumi. Data dari esdm.go.id menunjukkan, sumber daya minyak dan gas yang tersebar di Indonesia diperkirakan mencapai 87,22 milliar barel dan 594,43 TSCF.


Ini menjadikan Indonesia tujuan Investasi yang menarik pada sektor minyak dan gas bumi. Peluang investasi pengembangan industri migas di Indonesia, baik di bidang hulu maupun hilir di masa mendatang masih sangat menjanjikan.

Secara geologi, Indonesia masih mempunyai potensi ketersediaan hidrokarbon yang cukup besar. Rencana pemerintah dalam mempertahankan produksi minyak bumi pada tingkat 1 juta barel per hari, tentu akan memberikan peluang investasi yang besar di sektor hulu migas.

Sebagai kebutuhan yang penting dalam bidang industri, minyak bumi (oil) merupakan komoditas trading yang menguntungkan. Apalagi ketika kehadiran minyak bumi ini semakin langka. Komoditas trading yang langka dan susah dicari ini membuat minyak mendapat julukan emas hitam.

Mungkin Anda bertanya, apa itu oil trading?

Oil trading adalah suatu sistem perdagangan jual beli minyak mentah secara online di pasar internasional selama 24 jam.

Apa saja keuntungan bisnis oil trading?

1. Legalitas terjamin
2. Memulai bisnis dari rumah
3. Bisa dimulai dengan modal kecil
4. Workshop dan Pelatihan sampai BIsa
5. Mendapatkan passive income dan active income

Anda bisa menjadi pengusaha sukses dengan melakukan oil trading. Jika tertarik, Anda dapat memulai oil trading di The One Entreprneur Corp.

The One Entreprneur Corp  merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang multibisnis yang mempunyai visi menciptakan sejuta entrepreneur handal di seluruh Indonesia, bahkan hingga skala international.

The One Entrepreneur akan membantu Anda membangun jaringan bisnis skala nasional dalam bidang travel, oil trading, dan paket software lain.

Jadilah pengusaha sukses sekarang juga dengan konsep kali sering kali banyak, konsep yang diterapkan oleh CEO The One Entrepreneur untuk mencapai kesuksesan dengan mengalahkan keegoisan dan tidak serakah.

Jika Anda ingin mempunyai cabang bisnis dimana-mana, maka bergabung dan menjadi salah satu dealership The One Entrepreneur Corp adalah cara yang tepat untuk memulai bisnis Anda.

Modal minim dan pemahaman yang kurang, itu bukan menjadi masalah. Jika Anda betul-betul ingin menjadi entrepreneur handal, maka dengan modal kecil pun Anda dapat memulainya.

Keuntungan yang Anda peroleh jika bergabung dengan oil trading The One Entreprneur Corp:

- Sistem online 24 jam sehingga bisa diakses kapan saja
- Bisa menggunakan account flexi dengan modal minimal Rp6 juta
- Pergerakan harga minyak lebih terkontrol
- Dana keuntungan bisa ditarik kapan saja
- Akan ada pelatihan & workshop gratis bagi Anda yang telah bergabung
- Tidak ada biaya swap (penyimpanan dana)

Bagaimana legalitas perusahaan The One Ennterpreneur Corp?

The One Entrepreneur bermitra dengan PT. Valbury, sebuah perusahaan pialang berjangka yang terdaftar di Bursa Berjangka Jakarta & BAPPEBTI, sehingga uang Anda akan aman bila diinvestasikan di perusahaan ini.

Kelebihan lain yang akan Anda dapat dengan bergabung bersama The One Entrepreneur ialah The One Entrepreneur mengadakan seminar dan pelatihan bisnis di berbagai kota bagi Anda yang ingin mengetahui peluang bisnis yang ditawarkan, atau Anda dapat mengundang The One Entrepreneur untuk mengadakan seminar dan pelatihan bisnis di kota Anda.

Silahkan hubungi mengenai seputar informasi Oil trading : 0812-2047-4922

Artikel keren lainnya:

Peluang bisnis menjanjikan 2016

Peluang Bisnis Tour and Travel terdasyat 2016
Gabunglah bersama Travel terbesar dan terpercaya di Indonesia dengan kehandalan dan ketangguhan auto-system (Auto Booking, Auto TOPUP dan Auto Issued).
Hanya menggunakan smartphone dalam genggaman tangan, Anda sekarang bisa menjalankan bisnis tour and travel dimana dan kapan pun.

Fasilitas yang didapatkan:
1. Paket Agen:
-Booking Tiket, KA, Hotel,Bus,Antar Jemput Bandara,Lion Cargo Express, PPOB: Leasing Finance, BPJS, Pembayaran Listrik, Pulsa all operator, PDAM, Speedy, TV Berbayar,Telephone,dll
-Software Spider à Tiket promo dari semua maskapai
-Komisi 2-5 % dari harga dasar
-Bisa buat tour sendiri
-Sertifikat keagenan & Legalitas
-Menggunakan nama Travel yg anda inginkan
-Invoice dapat diedit
-Time limit yang lebih panjang
-Sistem stok
-Bisa refund dan reschedule
-Mendapat rekening virtual account dari Bank terbesar di Indonesia BRI BRIVA

2. Paket Dealer:
-Bisa daftar Agen langsung di sistem,dan semua biaya pendaftaran agen full 100% menjadi penghasilan dealer,
tanpa harus setor ke pusat
-Gratis CD motivasi
-Kupon undian
-Analisa bisnis
-Software RPC
-Gratis konsultasi
-300 jurus closing
-Garansi software
-Komisi 0,2% dari setiap agen transaksi


Ayooo...buruan daftar dengan melengkapi data


Artikel keren lainnya: