Bagi Anda yang ingin mengembangkan jangkauan pasar yang lebih luas, atau ingin menjual produk offline Anda, maka media sosial langkah cepat untuk menunjang pemasaran Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan "Facebook Page". Jika Anda membuatnya untuk kebutuhan bisnis, maka dalam hal ini Anda selangkah lebih maju untuk mengembangkan bisnis Anda makin berkembang dan tumbuh.
Tidak sebatas hanya membuat Facebook Page, Anda juga perlu meningkatkan fans untuk menambah keterlibatan dengan pengguna atau calon customer anda. Cara yang tepat untuk menambahkan fans ke Facebook Page anda adalah dengan menggunakan "Facebook Ads".
Dalam bahasan ini, Anda akan belajar bagaimana cara mengatur account "Facebook Ads" dan
mempelajari semua informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang account
Anda. Informasi-informasi ini akan membantu Anda mengelola kampanye iklan yang
lebih cerdas.
Jangan
khawatir pembahasan ini akan rumit dan menyulitkan. Anda hanya perlu untuk
membaca ulasan ini dengan seksama dan memahami alurnya secara perlahan. Bahkan,
jika Anda berpengalaman dengan Facebook Ads, maka Anda akan lebih mudah
mengelola izin halaman, apps, event, dan iklan, serta batas akun yang dapat
Anda ubah.
BUAT
ACCOUNT FACEBOOK ADS ANDA
Jika
Anda bermaksud menggunakan Facebook Ads untuk keperluan bisnis Anda, maka hal
pertama yang Anda lakukan adalah mengetahui informasi pembayaran untuk memasang
iklan di Facebook . Untuk itu, Clickteknologi akan memandu Anda dalam
setiap langkah yang akan Anda ambil.
Pertama,
masuk ke ‘pengaturan akun’. Tentunya Anda sudah terlebih dahulu login ke
Facebook menggunakan akun Anda.
Selanjutnya isi form mulai dari atas hingga
bawah. Untuk yang pertama, Anda diharuskan untuk mengisi nama akun. Pilihlah
nama akun yang sederhana, misalnya seperti nama bisnis Anda atau page yang
sebelumnya telah Anda buat.
Selanjutnya, Anda dapat mengisi informasi-informasi lainnya. Hal ini akan digunakan untuk tujuan tagihan pembayaran. Untuk memastikan data yang Anda isi sudah benar, alangkah baiknya untuk memeriksanya dengan lebih seksama. Pada halaman ini Anda juga akan dijelaskan mengenai pemberitahuan email iklan, pemberitahuan iklan Facebook, dan masih banyak lagi lainnya. Pelajari terlebih dulu sebelum Anda benar-benar akan menyimpan perubahan.
Setelah beranjak dari pengaturan akun, maka selanjutnya masuk ke menu ‘Tagihan’. Jika sebelumnya Anda pernah menambahkan kartu kredit sebagai metode pembayaran ke rekening Anda, maka Anda tak akan asing lagi untuk melihat tampilan di bawah ini:
Oke, mari sekarang kita tambahkan kartu
kredit ke akun Facebook Ads Anda. Saat Anda benar-benar tertarik untuk menggunakan
Facebook Ads, maka menyarankan Anda untuk menambahkan metode
pembayaran sekunder. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila kartu kredit Anda
mencapai batas limit atau diblokir dengan alasan apapun itu, maka iklan yang
Anda pasang di Facebook tidak akan berhenti tayang.
Jika pembayaran
utama Anda gagal, maka iklan Anda akan dihentikan oleh pihak Facebook, hingga
Anda mampu membayarnya kembali. Untuk menambahkan metode pembayaran, makan klik
‘Metode pembayaran’ pada menu opsi yang di sebelah kiri atas. Pada halaman
tersebut, Anda akan melihat bahwa Anda dapat memilih beberapa metode
pembayaran. Mari kita menambahkan salah satunya. Kali ini, Clickteknologi akan memberi contoh dengan mengeklik untuk pilihan kartu kredit, dan
selanjutnya lanjutkan dengan klik ‘lanjutkan’.
Jika Anda memutuskan untuk memilih kartu
kredit untuk metode pembayaran, maka Anda diharuskan untuk memasukan nomor
kartu kredit, jenis kartu, dan informasi-informasi lain terkait dengan hal
tersebut.
Jika Anda memutuskan untuk memilih kartu
kredit untuk metode pembayaran, maka Anda diharuskan untuk memasukan nomor
kartu kredit, jenis kartu, dan informasi-informasi lain terkait dengan hal
tersebut.
Selanjutnya, jika Anda menginginkan
untuk mengubah metode pembayaran, maka Anda dapat mengeditnya. Satu yang perlu
Anda ingat, jika Anda terlanjur untuk menambah sumber tagihan Anda, maka Anda
tidak dapat menghapusnya. Anda hanya dapat menambahkan sumber pendanaan yang
lainnya sebagai metode untuk pembayaran nantinya.
KAPAN ANDA AKAN DITAGIH UNTUK MEMBAYAR
KEMBALI?
Pada Facebook Ads, cara perhitungan
biaya iklan dibagi menjadi dua model, yakni Cost Per Click (CPC) dan CPM.
CPC
Sedikit mengulas kembali, CPC merupakan
iklan di mana Anda akan dikenakan biaya setiap kali iklan yang telah Anda
pasang di klik oleh customer. Artinya, apabila iklan Anda tidak di klik, maka
Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Lalu, berapa yang harus kita
bayar jika menggunakan iklan model ini? Dalam hal penentuan biaya iklan,
Facebook akan melihat beberapa hal sebagai pertimbangan. Hal-hal tersebut di
antaranya seperti apa bidang pemasaran Anda, dan kemana Anda akan mengarahkan
(fanpage atau website), dan juga tingkat persaingan kompetitor. Umumnya untuk
market Indonesia, biaya berkisar antara 0,05-0,12 $ atau setara dengan 650-
1.550 rupiah.
CPM
CPM sendiri merupakan iklan tayang di
mana Anda harus membayar iklan yang ditayangkan setiap kali iklan Anda muncul.
Artinya, sebagai pemasang iklan, Anda hanya membayar jika iklan Anda dilihat
sebanyak 1000 impresi atau tampilan. Meskipun iklan Anda tidak di klik oleh
pengunjung, maka Anda tetap berkewajiban membayarnya. Facebook juga
mempertimbangkan biaya iklan terkait dengan bidang bisnis, target, dan
pertimbangan lain yang sama halnya dengan iklan CPC. Besaran nilai yang
harus Anda bayar juga hampir sama dengan CPC, yakni jika iklan Anda ditampilkan
sebanyak 1000 kali, maka Anda juga harus membayar antara jumlah rentang
0,05-0,12 dollar.
INI CARANYA MEMBUAT IKLAN FACEBOOK YANG
KREATIF
Anda sekarang telah memiliki account
sepenuhnya dan tahu semua model iklan Facebook yang dapat Anda gunakan untuk
kebutuhan bisnis Anda. Maka, saatnya bagi Anda untuk membuat kampanye iklan
Facebook yang pertama. Untuk itu, sebelu Anda menghabiskan banyak dana untuk
Facebook Ads, maka sangat penting untuk menetapkan tujuan iklan Anda terlebih
dahulu.
"Apa yang Anda inginkan dari pemasangan
iklan melalui Facebook ini? Ingin meningkatkan konversi di toko online Anda?
Atau hanya untuk membangun merek dan branding toko online Anda? Bahkan apakah
hanya untuk mendapatkan lebih banyak like dan keterlibatan dengan customer
Anda? Sayangnya menggunakan Facebook Ads bukan hanya demi itu saja".
TETAPKAN TUJUAN ANDA TERLEBIH DAHULU
Untuk menetapkan tujuan Anda, maka pilih
‘Kelola Iklan’. Jika Anda belum memiliki iklan, maka halaman ini masih tampak
kosong. Klik ‘Buat Iklan’ yang berada di atas kanan dari halaman Facebook Anda.
Maka
Anda akan diberikan pilihan untuk membuat beberapa iklan sesuai tujuan Anda.
Misalnya seperti beberapa hal di bawah ini:
- Promosikan
Kiriman Anda
- Promosikan
Halaman Anda
- Arahkan
orang ke situs web Anda
- Tingkatkan
konversi pada situs web Anda
- Dapatkan
pemasangan aplikasi Anda
- Tingkatkan
interaksi dalam aplikasi Anda
- Tingkatkan
kehadiran di acara Anda
- Ajak
orang untuk mengklaim tawaran Anda
- Dapatkan
penayangan video
Apapun yang Anda
pilih, Anda harus memasukan informasi tambahan tentang apa yang Anda ingin
promosikan. Misalnya, Anda menyertakan URL website untuk
mengarahkan pengunjung ke website Anda, Facebook Page untuk
mendapatkan lebih banyak like, Posting Facebook Page untuk meraih banyak
komentar (keterlibatan), dan lain sebagainya.
Ketika Anda
mempromosikan situs website eksternal Anda, maka menyarankan Anda untuk
mengarahkan untuk tindakan konversi, bukan hanya sebatas klik saja. Anda tidak
boleh hanya puas dengan meningkatkan jumlah pengunjung situs website saja,
melainkan juga hal yang lebih efektif dengan cara meningkatkan penjualan,
berlangganan newsletter, dan hal-hal lainnya.
SAATNYA
MENYIAPKAN GAMBAR
Setelah Anda
menetapkan tujuan iklan Anda, sekarang saatnya bagi Anda untuk merancang iklan
Anda! Hal pertama yang harus Anda perhitungkan adalah, dengan memilih beberapa
gambar yang nantinya akan Anda gunakan.
Sekarang, Facebook
akan memungkinkan Anda untuk menguji hingga enam gambar. Pengujian ini
dilakukan sebagai hal yang paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk
meningkatkan kinerja promosi iklan Anda. Sehingga, Anda dapat mengambil
keuntungan dari fitur ini untuk mengetes setidaknya dua atau tiga gambar yang
berbeda.
Beberapa tahun yang lalu, Facebook Ads
menggunakan gambar yang kecil. Namun, ini tidak terjadi lagi. Format iklan di
Newsfeed memiliki gambar besar dan sangat relevan. Jadi, pastikan untuk Anda
meng-upload foto dengan resolusi yang cukup tinggi. Facebook juga
menyarankan agar gambar yang Anda upload memiliki ukuran 600 x 315, agar lebih
memiliki tata letak yang tepat dan propresional.
Anda memiliki 3 cara
untuk menambahkan gambar untuk iklan Anda. Caranya:
- Meng-upload gambar dari computer
Anda.
- Image Library
- Menemukan gambar dalam
Shutterstock database.
Dengan pilihan pada
poin ketiga, maka Anda berkesempatan menemukan lebih banyak gambar berkualitas
dan mencarinya yang relevan dengan konten iklan atau materi iklan yang akan
Anda buat.
MENYUSUN
KALIMAT UNTUK IKLAN ANDA
Hal yang paling sulit
ketika membuat iklan Facebook adalah saat menyusun kalimat untuk konten iklan
Anda. Konten-konten ini bergantung pada jenis iklan Anda. Anda harus
memperhatikan tiga bagian utama, seperti halnya judul, teks, link (untuk link,
khusus iklan Newsfeed). Berikut yang perlu Anda pahami sebelum membuat
komponen-komponen tersebut.
- Untuk judul, Anda hanya
memiliki 25 karakter saja. Lebih dari itu, teks tidak akan muncul pada
iklan yang Anda buat.
- Untuk teks iklan, Anda memiliki
90 karakter (untuk iklan Newsfeed.
- Untuk Newsfeed link pada
deskripsi, Anda memiliki 90 karakter.
Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan
adalah jangan pernah melupakan penempatan iklan yang mendukung versimobile. Beberapa pengiklan membuat
kesalahan dengan mengarahkan pengguna yang meng-klik iklan seluler ke situs
yang tidak mendukung untuk versi mobile. Halo ini tentunya akan menghabiskan
anggaran Anda untuk sesuatu yang tidak ada gunanya.
Jika Anda
mengikuti tutorial ini mulai dari awal, tentunya, dengan ini maka akan menghemat
anggaran Anda. Cukup mudah bukan?
Jika terdapat
masalah pada saat Anda mengikuti tutorial ini, atau bahkan Anda ingin
berbagi tentang pembuatan Facebook Ads ini, maka tidak ada salahnya untuk kita
diskusikan bersama. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda mengisi kolom
komentar di bawah ini.
·
Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Facebook Ads untuk memasarkan Bisnis Anda"
Post a Comment